Petunjuk Penggunaan Setrika [Langkah, Prosedur dan Gambarnya]

Petunjuk Penggunaan Setrika [Langkah, Prosedur dan Gambarnya]

cara menggunakan setrika uap

Setiap orang pasti memiliki alat elektronik berupa setrika di rumahnya. Tidak bisa dipungkiri jika setrika juga menjadi salah satu barang elektronik yang teramat penting karena selalu dibutuhkan terutama untuk merapikan dan melicinkan pakaian.

Saat ini berbagai jenis merek setrika dengan rupa dan bentuk yang berbeda sudah muncul di pasaran. Jika dulunya setrika memiliki ukuran yang cukup besar dan berat, saat ini berbagai jenis setrika berukuran mini dan ringan sudah bisa Anda dapatkan.

Meskipun kegiatan menyetrika merupakan kegiatan yang rutin dilakukan bahkan setiap harinya, namun masih banyak juga orang yang belum mengetahui tentang petunjuk penggunaan setrika yang baik dan benar. Nah, bagi yang belum tahu tentang tata cara menyetrika yang baik dan benar, maka silahkan menyimak penjelasan berikut ini.

Persiapan Sebelum Menyetrika Secara Singkat dan Tepat

cara menggunakan setrika uap

Sebelum masuk ke bagian tata cara menyetrika, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai langkah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum menyetrika. Nah, sebelum memulai menyetrika Anda harus menyiapkan setrika dulu tentunya. Selain setrika Anda juga memerlukan alas setrika. Jika keduanya sudah siap, maka prosedur menyetrika pun bisa dilakukan.

Petunjuk Langkah Penggunaan Setrika dan Gambarnya

1.Siapkan Lokasi Untuk Proses Penyetrikaan

Carilah lokasi yang nyaman dan aman saat menyetrika. Jangan mencari tempat yang sempit karena akan menyulitkan Anda dalam menyetrika.

2.Masukkan Steker ke Stop Kontak

Selanjutnya, masukkanlah steker yang terdapat pada setrika ke dalam stop kontak. Pastikan stop kontak di rumah Anda dalam keadaan baik atau normal.

3.Sesuaikan Suhu yang Diinginkan

Pada dasarnya setiap setrika memiliki pengaturan suhu panas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya tombol suhu menggunakan bentuk memutar dan juga dalam bentuk tombol yang ditekan saja. Sebelum mengatur suhu tersebut, periksalah label perawatan pada pakaian Anda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jenis atau bahan kain pada pakaian. Dengan demikian, Anda bisa mengatur jenis suhu yang akan digunakan.

Jika tidak mengetahui jenis kain pada pakaian, maka setrikalah terlebih dahulu bagian yang tidak terlihat. Mulailah menggunakan suhu rendah lalu lanjutkan ke suhu yang lebih tinggi hingga Anda mendapatkan hasil suhu yang diinginkan.

Pada umumnya pakaian dengan bahan sutra, wol atau bahan sintesis harus disetrika pada bagian dalam kain terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah hadirnya noda mengkilap. Setelah itu mulailah menyetrika dengan suhu rendah agar bahan kain tidak mudah lecet karena suhu panas.

4.Diamkan Hingga Lampu Indikator Setrika Mati

petunjuk menggunakan setrika baju

Saat baru menyalakan setrika, jangan langsung menggunakan setrika tersebut. Tunggulah hingga suhu pada setrika menjadi panas. Diamkan setrika terlebih dahulu agar benar-benar panas sehingga proses penyetrikaan bisa berjalan dengan baik.

5.Buat Gerakan Secara Horizontal dan Vertikal

Membuat gerakan horizontal dan vertikal saat menyetrika merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan. Metode yang satu ini diklaim mampu membuat pakaian lebih rapih dan licin. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gunakanlah pelicin pakaian.

6.Cabut Steker

Ketika proses menyetrika telah selesai, cabutlah steker yang terdapat pada stop kontak. Selanjutnya, diamkan setrika dalam posisi berdiri agar panas yang ada pada setrika segera menurun.

7.Menyimpan Setrika Secara Aman

Setelah melakukan proses menyetrika, silahkan menyimpan setrika dengan aman. Jangan lupa untuk melepaskan setrika dari sumber listrik. Gulunglah kabel listrik setrika mengelilingi tempat penyimpanan kabel. Pastikan untuk menyimpan setrika dengan posisi berdiri di tempat yang kering dan terlindungi dari jangakuan anak-anak.

Ada banyak sekali brand merk setrika seperti panasonic, maspion, shimono, cosmos, kirin, philips dan masih banyak lagi. Jenis mesin alat elektronik untuk penghalus baju (iron) inipun macam-macam. Ada setrika gantung, jaman dulu ada strika arang maupun yang paling biasa di pasaran setrika listrik.

Jika direpotkan dengan menyetrika atau menggosok, bisa memanfaatkan laundy, meskipun lebih boros alias kurang menghemat budget. Tetapi, zaman modern ini semua serba mudah, menggunakan setrikaan juga memerlukan meja khusus agar lebih efektif. Tentu kalo dihitung lebih hemat menggosok sendiri.

Leave a Reply